Syarif Jago Silat dari UNY

Si Jago Silat dari UNY

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Syarif Nur Hasymi tampak semringah ketika menginjakkan kaki di Jogja. Pasalnya, pesilat kelahiran Lampung, 14 Januari 1995 ini merasa Jogjakarta akan membuat bakat silatnya makin terasah dan berkembang. Apalagi ketika masuk UKM Silat UNY, kemampuan teoritis dan skill silatnya benar-benar makin besar. Pertama kali mengikuti kejuaraan di Jogja pada 2013, Syarif langsung […]

BERITA JOGJA – Syarif Nur Hasymi tampak semringah ketika menginjakkan kaki di Jogja. Pasalnya, pesilat kelahiran Lampung, 14 Januari 1995 ini merasa Jogjakarta akan membuat bakat silatnya makin terasah dan berkembang. Apalagi ketika masuk UKM Silat UNY, kemampuan teoritis dan skill silatnya benar-benar makin besar.

Syarif Jago Silat dari UNY

Syarif ketika ditemui di UKM Silat UNY. (Foto: Aristides)

Pertama kali mengikuti kejuaraan di Jogja pada 2013, Syarif langsung mendapat juara tiga di Piala Infitasi Nasional. Dirinya pun terpilih masuk dalam atlet Pomnas. Namun, di Pomnas ia sadar bahwa ia masih perlu latihan.

“Saya kalah, nggak dapat apa-apa waktu Pomnas. Habis itu saya terus latihan dan latihan. Kekalahan itu saya balas dengan jadi juara I Kejuaraan Nasional Pencak Silat Antar Perguruan Tinggi V memperebutkan Piala Menpora. Kira-kira November lalu,” katanya di UKM Silat UNY.

Ketertarikan Syarif pada silat dimulai sejak SMP kelas satu. Dari sana hingga sekarang, pengetahuannya terhadap silat sendiri sudah maju pesat. Ia bisa melihat silat jenis apa dan dari perguruan mana yang dipakai atlet lain dari jurus yang digunakan.

“Seperti Iko Uwais (pemeran dalam film The Raid) itu kan dia pakai silat modifikasi. Dari semua perguruan lalu dimodifikasi,” ceritanya.

Selama belajar silat, Syarif punya pengalaman menarik. Ia pernah berkelahi dengan orang yang badannya jauh lebih besar. Tanpa ragu, ia meninju lawannya dengan jurus silat yang dipelajarinya. “Tapi saya kalah, wong orangnya juga belajar silat juga,” katanya lalu terkekeh.

Selama dua bulan ke depan Syarif akan fokus latihan dan mempersiapkan skill dan mentalnya untuk mengikuti kejuaraan. Bulan ini, rencananya ia akan mengikuti Kejuaraan Silat yang akan memperebutkan Piala Presiden di UPN. Target juara langsung diusung pria hitam manis ini. “Target ya juara di sana nanti. Doakan ya,” pungkas mahasiswa FIK UNY ini.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar