SMKN 2 Gedangsari Gunungkidul Bikin Anis Baswedan Takjub

BERITA JOGJA – SMKN2 Gedangsari Gunungkidul mendapatkan pujian dari Menteri Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah Anis Baswedan, Kamis (5/3). Pasalnya model pendidikan yang diusung oleh SMK N 2 Gedangsari memungkinkan lulusannya mampu bekerja tanpa harus urbanisasi. “SMK ini (SMKN 2 Gedangsari) mater ajarnya memungkinkan anak untuk tinggal di desa tanpa urbanisasi,” kata anis saat meresmikan […]

BERITA JOGJA – SMKN2 Gedangsari Gunungkidul mendapatkan pujian dari Menteri Kebudayaan Pendidikan Dasar dan Menengah Anis Baswedan, Kamis (5/3). Pasalnya model pendidikan yang diusung oleh SMK N 2 Gedangsari memungkinkan lulusannya mampu bekerja tanpa harus urbanisasi.

“SMK ini (SMKN 2 Gedangsari) mater ajarnya memungkinkan anak untuk tinggal di desa tanpa urbanisasi,” kata anis saat meresmikan SMKN 2 Gedangsari.

Anies Baswedan - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Istimewa

SMKN 2 Gedangsari memberikan ketrampilan seni membatik kepada siswa didiknya. Selain ketrampilan, hal ini juga merupakan langkah untuk melestarikan tradisi bangsa Indonesia, “Membatik merupakan tradisi dan model seperti ini melanggengkan tradisi,” tambahnya.

Dengan hal ini secara tidak langsung SMKN2 Gedangsari memberikan lulusan yang siap bekerja ataupun membuka usaha sendiri di wilayahnya, tanpa harus merantau. “SMK ini tidak mengkosongkan pedesaan, dan kita ingin anak kita sejahtera tetapi tidak harus ke kota. Selalu kita tekankan kepada para guru, memberikan ikan baik, memberi kail juga lebih baik, tetapi harus dipastikan dulu kolamnya ada apa tidak,” ucapnya.

Menurut anas, model pendidikan yang dibangun oleh PT Astra Internasional TBK melalui Yayasan Michael D. Ruslim (YPA-MDR) tersebut penting. Pasalnya pendidikan tidak dapat dipandang sebagai tanggung jawab pemerintah saja. Secara moral, pendidikan merupakan tanggung jawab kita semua. Untuk itu, tidak ada salahnya menciptakan terobosan baru yang dapat memberikan dampak positif untuk pendidikan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar