Soal UN Bocor Lewat Google Drive, Menyebar Sampai SMA 3 Jogja

BERITA JOGJA – Praktik kecurangan dalam UN kembali terjadi. Mirisnya soal tersebut bocor melalui internet dan menyebar ke sejumlah SMA di Jogja termasuk SMA 3 Jogja yang merupakan SMA favorit di Jogja. Bocoran soal UN yang diunggah dalam google drive bisa diunduh dengan mudah oleh para siswa. Bahkan link download soal UN tersebut menyebar lewat […]

BERITA JOGJA – Praktik kecurangan dalam UN kembali terjadi. Mirisnya soal tersebut bocor melalui internet dan menyebar ke sejumlah SMA di Jogja termasuk SMA 3 Jogja yang merupakan SMA favorit di Jogja.

Bocoran soal UN yang diunggah dalam google drive bisa diunduh dengan mudah oleh para siswa. Bahkan link download soal UN tersebut menyebar lewat pesan singkat, salah satunya lewat grup Line angkatan SMA 3 Jogja.

Kecurangan UN

AC, salah seorang siswi IPA SMA 3 Jogja membenarkan hal tersebut. Dia mengaku mengetahui ada bocaran soal melaui grup Line angkatannya.

“Ada yang mengirim ke grup Line angkatan hari Minggu, jam 18.22, isinya link google drive, tapi tidak bilang kalau itu soal UN, hanya bilang bisa untuk latihan,” katanya, Rabu (15/4).

Dia baru menyadari kalau itu adalah soal UN setelah menjalani UN pertama. Dia terkejut karena soal yang dipelajarinya dari link tersebut sama persis dengan soal UN.

“Saya kaget, kecewa, padahal nggak ada niatan untuk curang. Kami lalu lapor ke kepala sekolah,” ungkapnya.

PS siswi IPS SMA 3 Jogja juga mengatakan hal serupa. Dia mengetahui ada link google drive yang berisi lima paket soal dari enam mata pelajaran yang diujikan. Namun dia tidak mendownload soal tersebut karena soal tersebut hanya untuk jurusan IPA.

“Soalnya hanya IPA, tidak ada yang untuk IPS,” ujarnya.

Dia pun mengaku kecewa dengan adanya bocoran tersebut. Pasalnya teman-temannya yang jujur menjadi tertuduh curang.

“Padahalnya tidak semua begitu, jadi kesannya semua bersalah karena link itu menyebar di grup SMA kami,” sesalnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar