Soekamti Karaoke: Inovasi Tjiamik Endank Soekamti

Software ini memberikan kebebasan pendengar musik untuk membuat sendiri lagu-lagu dari album Soekamti Day.

BERITA JOGJA – Bukan Endank Soekamti namanya kalau enggak gila. Kegilaan Erix, Dori, dan Ari itu selalu ditungkan dalam inovasi brilian. Baik dari pengemasan kaset sampai penggarapan video, apa yang dilakukan band asal Jogja ini selalu bikin misuh kagum.

Kali ini kegilaan mereka dituangkan dalam software bertajuk Soekamti Karaoke. Software ini memberikan kebebasan pendengar musik untuk membuat sendiri lagu-lagu di album ke-7 Endank Soekamti ini menurut versi masing-masing. Versi masing-masing ini jelas meliputi vokal dalam album Soekamti Day sampai semua elemen di lagu tersebut. Pendengar bisa mengganti sound gitar, bass, dan drum sekaligus.

Screen Capture Soekamtikaraoke (Dok Endank Soekamti)

Screen Capture Soekamtikaraoke (Dok Endank Soekamti)

Selain itu semua data di Soekamti Day juga dibagikan secara luas ke semua orang. Tiap pengunduh nantinya bebas banget mengaransemen ulang lagu-lagu mereka. Menurut Erix, apa yang mereka lakukan kali ini adalah riset sekaligus observasi yang coba diaplikasikan di dunia musik.

”Setiap bulan, satu lagu dari album Soekamti Day ini datanya akan di-share ke publik secara lengkap dan terbuka di situs www.soekamtikaraoke.com,” katanya.

Ari menambahkan bahwa konsep ini sebuah upaya untuk merangsang kreativitas pendengar musik di Indonesia. “Ini untuk memancing kreativitas teman-teman agar terlibat di album kami, karena enggak semua orang cocok sama musik kita, jadi mereka bisa bikin versi mereka sendiri. Buat yang nggak mau bikin aransemen baru, ya bisa karaoke saja,” sambungnya.

Hingga saat ini telah ada tiga data lagu dari album Soekamti Day yang dapat diunduh siapa saja di soekamtikaraoke.com yaitu Sampai Jumpa, Liburan, dan Ojo Nesu. “Harapannya, Soekamti Day bukan hanya album milik Endank Soekamti, tapi juga bisa jadi sebuah semangat yang dimiliki oleh semua pecinta musik Indonesia yang bisa membawa perubahan musik Indonesia jadi lebih baik,” pungkas Erix.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar