Solusi Kisruh Freeport

Oleh Jatu Raya,

Mundurnya Setya Novanto dan pembentukkan pansus bukan jawaban mengatasi kisruh Freeport di Indonesia.

BERITA JOGJA- Mundurnya Setyo Novanto sebagai dari kursi Ketua DPR tidak serta mera menyelesaikan kisruh freeport di Indonesia. Apalagi ditambah isu akan dibentuknya pansus freeport oleh anggota DPR. Banyak yang sanksi dua hal tersebut bisa menyelesaikan kisruh freeport di Indonesia.

Seperti yang dikemukakan Alif Kamal, Wakil Ketua Umum PRD sekaligus Koordinator Gerakan Nasional Pasal (GNP) 33. Menurut Alif, adanya solusi pembentukkan pansus itu dikhawatirkan seperti pembentukan pansus di kasus yang sudah-sudah sebelumnya.

Freeport

Istimewa

“Tentunya pembentukan Pansus Freeport haruslah dihargai sebagai sebuah inisiatif maju. Tetapi kita tentunya berharap pansus yang telah dibentuk tidak seperti pansus-pansus yang pernah dibentuk sebelumnya, menguap tanpa hasil yang kongkrit untuk kesejahteraan dan kemajuan bangsa,” katanya.

Adapun solusi yang ia tawarkan adalah kembali pada Pasal 33 UUD 1945. Ia yakin jika Jokowi dan JK menginstruksikan pasal tersebut menjadi dasar dan roh dalam mengatasi kisruh freeport, persoalan bisa lekas terselesaikan.

“Jokowi-JK harusnya tegas dengan TRISAKTI dan Pasal 33 UUD 1945. Pasal 33 sekaligus sebagai tiang besar dari TRISAKTI harusnya menjadi roh dan semangat bangsa ini untuk terus berjuang menjadi bangsa bermartabat, mandiri dan berkepribadian,” tutupnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar