Solusi Konkret Atasi Kemacetan di Jogja

Oleh Jatu Raya,

Tim Pustral UGM memberikan solusi konkret untuk mengatasi kemacetan yang sudah mulai membosankan di Jogja

BERITA JOGJA – Jelang akhir tahun adalah waktu tersibuk di jalanan Jogja. Luas jalan yang tak seberapa dilalui ribuan kendaraan bermotor, dari sepeda motor sampai bus raksasa. Lalu, macet jadi keluhan di dinding media sosial. Kemacetan diperparah dengan digunakannya sisi jalan untuk parkir motor hingga tambah memakan luas jalan yang digunakan.

Kemacetan

Istimewa

Baru-baru ini pihak Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral ) UGM melalui penelitinya, Iwan Puja Riyadi, membeberkan sebab kemacetan di Jogja. Menurut Iwan ada tiga sebabnya, yaitu ketidakadilan sosial, kedua minimnya fasilitas transportasi yang disediakan pemerintah, terakhir adalah belum adanya kesamaan pola pikir dari masyarakat dan para pemimpin untuk mengatasi kemacetan.

Berbagai upaya dari tahun ke tahun dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemrov) sampai Kabupaten di Jogjakarta mengatasi kemacetan. Paling baru adalah pembuatan gedung parkir tiga tingkat di Jalan Abu Bakar Ali berdana miliaran rupiah. Diharapkan gedung itu sendiri menjadi solusi untuk mengatasi wilayah Malioboro saat akhir tahun atau di hari-hari libur.

Halaman

1 2 3

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar