Sosok Uskup Pujasumarta dalam Ingatan Sahabat

Oleh Jatu Raya,

Uskup Pujasumarta melawan kanker yang dideritanya dengan senyum dan kesahajaan.

BERITA JOGJA – Berpulangnya Uskup Agung Semarang, Mgr Johanes Pujasumarta, Selasa (10/11) malam lalu mengejutkan banyak pihak. Salah satunya para sahabat. Ditemui saat menghadiri pemakaman  Jumat (13/11) pagi tadi misalnya, tokoh masyarakat Sleman Yuni Satia Rahayu dan Pakar Pendidikan, Sumardinata berbagi kisah tentang sosok ramah tersebut.

“Saya bertemu terakhir satu tahun lalu di Kalasan. Beliau sangat ramah dan perhatian dengan umatnya dan masyarakat lain meski berbeda latar belakang. Beliau suka kerja dan membantu, aktivitasnya enggak pernah berhenti. Padahal saya tahu betul beliau sudah menahan kanker selama satu setengah tahun,” kenang Yuni ditemui usai menghadiri pemakaman.

Uskup

Yuni bersama para sahabat ketika menghadiri pemakaman Uskup. (Foto: Lia)

Seperti diketahui, Uskup Agung yang punya banyak sahabat itu meninggal di Rumah Sakit St Elisabeth Semarang setelah berjuang melawan kanker selama satu setengah tahun. Jenazah sendiri tiba di Seminari pada Kamis (12/11) lalu disemayamkan di Kapel Santo Paolus, Kentungan, Sleman.

Saat disemayamkan kemarin diperkirakan jumlah pelayat sampai 3000 orang. Melihat ribuan pelayat, Yuni kembali terkenang akan gaya kepemimpinan yang kini tengah diadopsinya. “Sakitnya beliau tahan. Selalu senyum kalau bertemu orang-orang dan umatnya. Itu contoh bagaimana pemimpin seharusnya, tidak pernah mengeluh capek atau apa. Beliau melayani dengan hati dan memberikan contoh bagi saya bagaimana melayani masyarakat tanpa membeda-bedakan dan penuh kasih sayang,” kenang Yuni yang kemudian mampu menahan air matanya.

Sementara itu Sumardinata merasa kehilangan sosok sahabat yang paling bersahaja. Menurutnya ribuan orang yang hadir di pemakamannya merupakan bukti bahwa uskup adalah sosok yang bersahaja. “Saya selalu enggak bisa melupakan senyum beliau. Mau sakit, mau enggak, beliau terus tersenyum dan secara simbolik mengajarkan kita, ‘begini lho hidup penuh senyum membantu sesama’ karena itu saya harap ke depan banyak pemimpin yang seperti beliau,” harapnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar