Sudah Minta Maaf, Florence Dituntut Enam Bulan Penjara

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Florence Saulina Sihombing mahasiswa pasca sarjana Fakultas Hukum UGM yang menghina Jogja dituntut enam bulan penjara dengan masa percobaan 12 bulan dan denda Rp.10juta subsider tiga bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum, Senin (16/3). Tuntutan tersebut disampai JPU Rahayu NR dengan pertimbangan bahwa Florence sudah meminta maaf kepada warga Jogja dan Sri […]

BERITA JOGJA – Florence Saulina Sihombing mahasiswa pasca sarjana Fakultas Hukum UGM yang menghina Jogja dituntut enam bulan penjara dengan masa percobaan 12 bulan dan denda Rp.10juta subsider tiga bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum, Senin (16/3).

Florence Sihombing

Florence Sihombing saat menjalani sidang DPN Kota Yogya (16/3)

Tuntutan tersebut disampai JPU Rahayu NR dengan pertimbangan bahwa Florence sudah meminta maaf kepada warga Jogja dan Sri Sultan Hamengku Buwono X. “Selain itu terdakwa juga sudah mendapat sanksi dari pihak kampus UGM yaitu skor dua semeter,” katanya saat membacakan tuntutan di PN Kota Yogyakarta, Senin (16/3).

JPU menjerat Florence dengan hanya pasal 27 ayat 3 UU ITE karena dinilai menghina Jogja dengan status pathnya. Sementara pasal 28 UU ITE yang sebelumnya juga digunakan untuk menjerat Florence tidak digunakan.

Dengan tuntutan tersebut bisa dipastikan Florence tidak akan mendekam di penjara kecuali dia mengulangi perbuatan serupa dalam kurun waktu 12 bulan.

“Dalam satu tahun kalau berbuat hal yang sama maka tanpa proses hukum dia akan dipenjara selama enam bulan. Sementara denda Rp.10juta harus dibayarkan, jika tidak sanggup membayar bisa mengganti dengan masa tahanan 3 bulan penjara,” terangnya seusai persidangan.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar