Sultan HB X Minta Warga Lestarikan Jembatan HB IX

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Sultan HB X minta warga lestarikan jembatan HB IX. Adapun jembatan yang konon dibangun Sultan HB IX tersebut terdapat di atas situs lava bantal Berbah, Sleman. Permintaan ini disampaikan Sultan HB IX, Sabtu (30/5) saat berkunjung ke situs. “Mohon masyarakat jangan sampai mengotori situs seperti mencoret, mencongkel, atau dikotori,” kata Sultan HB […]

BERITA JOGJA – Sultan HB X minta warga lestarikan jembatan HB IX. Adapun jembatan yang konon dibangun Sultan HB IX tersebut terdapat di atas situs lava bantal Berbah, Sleman. Permintaan ini disampaikan Sultan HB IX, Sabtu (30/5) saat berkunjung ke situs.

Sultan HB X Sabda Raja

Sultan HB X ditemani GKR Hemas ketika menjelaskan isi Sabda Raja, Jumat (8/5) di Ndalem Wironegaran.

“Mohon masyarakat jangan sampai mengotori situs seperti mencoret, mencongkel, atau dikotori,” kata Sultan HB X di hadapan warga.

Selain itu Gubernur Jogjakarta sekaligus raja Kraton ini berpesan agar warga juga turut melestarikan situs lava bantal yang berpotensi menjadi kawasan wisata. “Untuk menjadi kawasan wisata nantinya akan bergantung pada inisiatif masyarakat termasuk pengelolaannya,” harap Sultan HB X saat berdialog dengan warga.

Lava bantal sendiri terbentuk dari magma yang menerobos lingkungan air. Karena menerobos lingkungan air, terobosan ini tidak membentuk gunung api namun batu dengan tekstur yang khas. “Lava terbentuk dua juta tahun yang lalu, makanya harus dijaga dan dilestarikan,” pungkas Sultan HB X.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar