Sultan Kumpulkan Keenam Adiknya yang Berada di Jakarta

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Sri Sultan Hamengku Buwana X memanggil keenam adiknya yang berada di Jakarta untuk datang ke Kraton Jogjakarta, Kamis (7/5) sore. Enam adik Sultan yang berada di Jakarta dipanggil untuk datang ke Kraton terkait dengan penjelasan Sabda Raja yang dikeluarkan oleh Sultan HB X. Keenam adik Sultan tersebut yaitu GBPH Pakuningrat, GBPH Cokroningrat, […]

BERITA JOGJA – Sri Sultan Hamengku Buwana X memanggil keenam adiknya yang berada di Jakarta untuk datang ke Kraton Jogjakarta, Kamis (7/5) sore. Enam adik Sultan yang berada di Jakarta dipanggil untuk datang ke Kraton terkait dengan penjelasan Sabda Raja yang dikeluarkan oleh Sultan HB X. Keenam adik Sultan tersebut yaitu GBPH Pakuningrat, GBPH Cokroningrat, GBPH Suryodiningrat, GBPH Suryomentaram, GBPH Hadinegoro dan GBPH Suryonegoro.

Pembacaan Sabdotomo dihadiri kerabat dalem Kraton

Situasi saat pembacaan Sabdotomo yang dihadiri oleh Sri Paduka Pakualam IX dan juga kerabat dalem Kraton.

GBPH Suryodiningrat, salah satu dari keenam adik Sultan yang berada di Jakarta pun menjelaskan bahwa mereka memang tidak hadir saat Sultan membacakan Sabda Raja, sehingga mereka belum tahu tentang Sabda Raja tersebut.

“Kami belum tahu soal Sabda Raja, karena itu kami dipanggil ke Keraton untuk mendapat penjelasan langsung dari Ngarso Dalem,” terangnya kepada wartawan.

GBPH Suryodiningrat pun menjelaskan alasan kenapa tidak hadir saat Sabda Raja. Dia mengaku tidak mendapat pemberitahuan atau undangan resmi dari Sultan. Soal adanya Sabda Raja, dia justru diberi tahu oleh GBPH Prabukusumo lewat telpon beberapa jam sebelum Sabda Raja.

“Kami dapat kabar dari telpon Kang Mas di sini, itu pun beberapa jam sebelum Sabda Raja, jadi kita tidak mungkin datang,” pungkasnya.

Sampai saat ini, keenam adik Sultan tersebut belum menentukan sikap terkait Sabda Raja. Mereka masih menunggu penjelasan yang akan disampaikan oleh Sultan HB X.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar