Tanda Awal Gempa Bisa Diamati dari Tingkah Binatang

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Binatang punya insting lebih kuat dibanding manusia. Insting yang kemudian diikuti tingkah laku mereka juga kerap jadi penanda fenomena alam. Misalnya saja meletusnya gunung hingga gempa. Ahli Kegempaan sejaligus Guru besar Teknik Sipil UII,Prof. Widodo, menjelaskan bahwa perilaku binatang bisa dilihat sebagai tanda akan adanya aktivitas kegempaan. Ia mencontohkan gempa pada 2006 […]

BERITA JOGJA – Binatang punya insting lebih kuat dibanding manusia. Insting yang kemudian diikuti tingkah laku mereka juga kerap jadi penanda fenomena alam. Misalnya saja meletusnya gunung hingga gempa.

Gempa bumi

Istimewa

Ahli Kegempaan sejaligus Guru besar Teknik Sipil UII,Prof. Widodo, menjelaskan bahwa perilaku binatang bisa dilihat sebagai tanda akan adanya aktivitas kegempaan. Ia mencontohkan gempa pada 2006 lalu di Jogjakarta.

“Gempa 2006, banyak penduduk yang melaporkan keanehan tingkah laku binatang. Misalnya cacing tanah yang tiba-tiba muncul ke permukaan, kelelawar yang terbang tanpa arah di Gembira Loka, dan suara burung perkutut yang parau,” katanya beberapa waktu lalu di UII.

Berdasarkan penelitiannya, binatang yang berada pada jarak 15 KM dari pusat gempa akan cukup bereaksi. Namun hal ini harus diuji terlebih dahulu oleh banyak ahli kegempaan dan pakar biologi. “Kalau berhasil, maka kita akan punya teknik mitigasi bencana yang bisa menekan jumlah korban,” pungkasnya

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar