Tanpa Angin Tanpa Hujan, Sultan Keluarkan Sabdotomo

BERITA JOGJA – Tanpa angin tanpa hujan, Raja Kraton Jogjakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X tiba-tiba mengeluarkan Sabdotomo di bangsal Kencana, Kraton Jogjakarta, Jumat (6/3). Dalam tradisi Kraton, Sabdotomo ini merupakan perintah raja disaat ada kondisi genting. Pembaca Sabdotomo tersebut dihadiri oleh Sri Paduka Pakualam IX dan juga kerabat dalem Kraton. Dalam acara tersebut […]

Sultan hamengku buwono x

Sri Sultan Hamengku Buwono X membaca Sabdotomo di bangsal Kencana, Kraton Jogjakarta

BERITA JOGJA – Tanpa angin tanpa hujan, Raja Kraton Jogjakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X tiba-tiba mengeluarkan Sabdotomo di bangsal Kencana, Kraton Jogjakarta, Jumat (6/3). Dalam tradisi Kraton, Sabdotomo ini merupakan perintah raja disaat ada kondisi genting.

Pembaca Sabdotomo tersebut dihadiri oleh Sri Paduka Pakualam IX dan juga kerabat dalem Kraton. Dalam acara tersebut Sultan megenakan beskap hijau kembang-kembang Raja. Setelah tiba di bangsal Kencana dia kemudian langsung membacakan Sabdatomo.

Adik Sultan, GBPH Prabukusumo mengatakan Sabdotomo tersebut dikeluarkan secara mendadak. Dia mengaku baru diminta untuk menyiapkan acara Sabdotomo sekitar pukul 08.00 Wib.

“Saya tidak tahu kenapa mendadak, silahkan tanya ke Ngarso Dalem. Kalau saya hanya didawuhi (diperintah) untuk menyiapkan saja,” katanya.

Pembacaan Sabdotomo berlangsung hikmat. Setelah membaca dua lembar Sabdotomo yang berisi delapan poin, Sultan kemudian meninggalkan bangsal Kencana.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar