Teater Gadjah Mada

Teater Gadjah Mada Pentaskan Lepot dan Jumanis di Empat Kota

BERITA JOGJA – Teater Gadjah Mada (TGM) akan mementaskan sebuah pagelaran dengan judul Lepot dan Jumanis di empat kota yaitu Jogja, Purwokerto, Bandung dan Kudus. Menurut rencana, nantinya perjalanan Lepot dan Jumanis ke empat kota tersebut akan dimulai dari Jogja. Pementasan di Jogja akan digelar di Gedung Societet, TBY pada Sabtu (4/4) mendatang. Sedangkan pementasan […]

BERITA JOGJA – Teater Gadjah Mada (TGM) akan mementaskan sebuah pagelaran dengan judul Lepot dan Jumanis di empat kota yaitu Jogja, Purwokerto, Bandung dan Kudus. Menurut rencana, nantinya perjalanan Lepot dan Jumanis ke empat kota tersebut akan dimulai dari Jogja. Pementasan di Jogja akan digelar di Gedung Societet, TBY pada Sabtu (4/4) mendatang.

Teater Gadjah Mada pentaskan Jumais

Teater Gadjah Mada keliling empat kota

Sedangkan pementasan berikutnya akan  digelar di Rumah Seni Kie Bae, Purwokerto pada Jumat (1/5) mendatang. Kemudian dilanjut dipentaskan di Center Cultur of Leden, Bandung pada Selasa (12/5) dan terakhir akan dipentaskan di Auditorium Universitas Muria Kudus pada Sabtu (23/5).

Menurut Manajer Produksi Pementasan, Citra Kurnia Solihat mengungkapkan bahwa pementasan Lepot dan Jumanis terinspirasi dari penelitian Dinas Kebudayaan Jogjakarta pada tahun 2005. Lepot dan Jumanis adalah dua orang narasumber penelitian tentang fenomena Gejog Lesung di Puring, Kebumen.

“Lepot dan Jumanis adalah cerita tentang pasangan suami istri pembuat gethuk. Dari gethuk mereka hidup. Hingga suatu hari, gethuk yang biasanya menjadi makanan warga tiba-tiba tak lagi diminati oleh warga karena sudah berganti mengkonsumsi nasi. Ketela yang dulunya menjadi bahan makanan pokok warga pun kemudian berganti menjadi beras,” ujar Citra.

Citra menambahkan bahwa gojekan dan celetukan sepasang suami istri yang tinggal di Gunung Kidul ini mampu membangkitkan sebuah sudut pandang baru dalam menanggapi isu-isu politik, ekonomo dan budaya di kalangan masyarakat. Sentilan khas rakyat kecil yang khas dan mengusik nurani diharapkan mampu menjadi salah satu daya tarik bagi penonton.

Untuk pemesanan tiket, penonton dapat menghubung Citra (085736171908) atau  Arifah (085743787093). Bisa juga menghubungi lewat akun twitter @TGM_Yogyakarta atau akun facebook dengan akun Teater Gadjah Mada

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar