Teknik Rahasia Mencuci Baju

Oleh Nur Janti,

BERITA JOGJA – Apakah kamu pernah menonton bagaimana Brad Pitt dan Edward Norton membuat sabun di film Fight Club? Ya, mereka mencuri limbah dari liposunction, lemak tubuh manusia, sebagai bahan dasar pembuatan sabun mandi. Sabun mandi mengandung bahan utama Na-karboksilat dan terbuat dari campuran basa dengan lemak. Dan, untungnya buat kamu anak kosan, sabun mandi […]

BERITA JOGJA – Apakah kamu pernah menonton bagaimana Brad Pitt dan Edward Norton membuat sabun di film Fight Club? Ya, mereka mencuri limbah dari liposunction, lemak tubuh manusia, sebagai bahan dasar pembuatan sabun mandi. Sabun mandi mengandung bahan utama Na-karboksilat dan terbuat dari campuran basa dengan lemak. Dan, untungnya buat kamu anak kosan, sabun mandi bisa digunakan untuk menghemat air bilasan cucian.

Teknik Rahasia Mencuci Baju

Istimewa

Deterjen atau sabun cuci terbuat dari asam hidrokarbon. Fungsi asam hidrokarbon yakni menurunkan tingkat ketegangan air sehingga air mudah membasahi pakaian dan melepaskan kotoran yang menempel pada pakaian. Lalu kenapa menggunakan sabun mandi bisa menghemat air bilasan? Masih ingat pelajaran Biologi SMP tentang kadar PH dalam air? Ya, pertentangan asam basa antara deterjen dan sabun mandi adalah kuncinya. Deterjen yang bersifat asam akan kalah oleh sabun mandi yang bersifat basa.

Cara menghemat airnya adalah dengan mencampurkan sedikit sabun mandi pada bilasan pertama. Dan voila! Busa akan langsung berkurang. Anda bisa menghemat air bilasan tanpa perlu membeli pelembut pakaian sekali bilas.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar