Tempat Joging di Jogja Terbatas

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Tempat joging di Jogja masih terbatas. Warga yang ingin joging kerap mendatangi sejumlah stadion atau wilayah kampus. Padahal tempat untuk joging harus memiliki syarat tertentu. Menurut Dr. Ria Lumintuarso, Litbang PB Basi yang juga pakar atletik UNY, syarat tempat yang aman untuk joging adalah yang memiliki tanah tidak terlalu keras. Selain itu […]

BERITA JOGJA – Tempat joging di Jogja masih terbatas. Warga yang ingin joging kerap mendatangi sejumlah stadion atau wilayah kampus. Padahal tempat untuk joging harus memiliki syarat tertentu.

Joging

Istimewa

Menurut Dr. Ria Lumintuarso, Litbang PB Basi yang juga pakar atletik UNY, syarat tempat yang aman untuk joging adalah yang memiliki tanah tidak terlalu keras. Selain itu menurutnya tempat joging harus memiliki Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sekitarnya.

“Berlari di batapres atau di aspal berpotensi cedera. Soalnya benturan antara kaki dengan aspal terlalu besar. Memang tidak langsung terasa, namun jangka panjang baru terasa. Sementara fungsi RTH untuk menghasilkan oksigen yang baik bagi tubuh saat berlari,” jelasnya.

Hal ini diamini Dian Saputri, atlet lari 400 meter dan lompat jauh UNY. Puput, sapaan akrabnya,membenarkan bahwa Jogja memang kekurangan ruang rekreasi yang bisa dimanfaatkan untuk joging. “Jadinya ya paling-paling di tempat itu-itu saja. Padahal lintasan atau medannya enggak cocok buat joging. Benturannya terlalu keras,” katanya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar