Istimewa

The Clurit Syndrome: Dari Garong Hingga Upaya “Menggoyang” Jogjakarta

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Menyandang predikat sebagai salah satu kota besar di Indonesia tentu saja membuat Jogjakarta tidak bisa lepas dari berbagai masalah, mulai dari masalah ekonomi, pendidikan, sosial, dan sebagainya. Salah satu masalah yang dihadapi Jogjakarta adalah masalah sosial yang berdampak pada naiknya jumlah kriminalitas. Kasus kriminalitas seperti copet, jambret, dan garong sempat membuat resah warga Jogja. Pada […]

BERITA JOGJA – Menyandang predikat sebagai salah satu kota besar di Indonesia tentu saja membuat Jogjakarta tidak bisa lepas dari berbagai masalah, mulai dari masalah ekonomi, pendidikan, sosial, dan sebagainya. Salah satu masalah yang dihadapi Jogjakarta adalah masalah sosial yang berdampak pada naiknya jumlah kriminalitas.

Istimewa

Istimewa

Kasus kriminalitas seperti copet, jambret, dan garong sempat membuat resah warga Jogja. Pada tahun 1981 masyarakat di Jogja dibuat takut dengan maraknya garong yang berkeliaran.

Modus yang digunakan para garong di Jogja kala itu, yakni langsung menyergap mangsa yang sudah diuntitnya, kemudian mengancam sang korban dengan sebilah clurit. Pada kala itu, yang menjadi mangsa favorit para garong, adalah pengendara sepeda motor jenis Honda GL dan Yamaha RX.

Karena maraknya kasus pencluritan, sampai-sampai kasus kriminal yang menggunakan clurit ini diberi nama “The Clurit Syndrome”. Munculnya “The Clurit Syndrome” ini menarik keprihatinan banyak pihak. Sehingga banyak orang yang mulai mencoba  mengurai apa sebab muncul dan semakin meningkatnya kriminalitas di Jogjakarta.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar