Tiga Dampak Bahaya Sampah Visual bagi Pengendara

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Iklan luar ruang yang dikenal sampah visual punya dampak yang berbahaya bagi pengendara di jalan raya. Inisiator Komunitas Reresik Sampah Visual menjelaskan ada tiga dampak yang ditimbulkan dari iklan luar ruang bagi pengendara motor. Konsumtif Pengendara motor dibujuk untuk menjadi konsumtif. Apalagi iklan luar ruang rata-rata menawarkan produk atau barang dagangan. “Kita […]

BERITA JOGJA – Iklan luar ruang yang dikenal sampah visual punya dampak yang berbahaya bagi pengendara di jalan raya. Inisiator Komunitas Reresik Sampah Visual menjelaskan ada tiga dampak yang ditimbulkan dari iklan luar ruang bagi pengendara motor.

Ruang Kota Jogja

Iustrasi ruang kota (Pusaka)

Konsumtif

Pengendara motor dibujuk untuk menjadi konsumtif. Apalagi iklan luar ruang rata-rata menawarkan produk atau barang dagangan. “Kita disuruh beli ini beli itu. Yang kita lihat hanya bujuk rayu agar kita konsumtif,” kata Sumbo.

Merampas Hak Rekreasi

Rekreasi tak melulu dilakukan di tempat wisata, namun juga ketika di jalan raya. Sambil jalan, pengendara berhak melihat pemandangan. Apalagi di Jogja yang berada di bawah kaki gunung Merapi. “Saat ini Merapi apa kelihatan lagi dari Selatan? Enggak kan, sudah ketutup sama iklan luar ruang,” tegasnya.

Cepat Marah dan Tak Sabaran

Adanya iklan luar ruang menutupi pemandangan bangunan atau alam. Hal ini bakal memengaruhi psikis pengendara. “Pengendara disuguhi iklan terus. Mereka bosan dan tidak ingin terlalu lama di jalan. Jadinya ingin cepat-cepat sampai yang membuat mereka tidak ramah saat di jalan. Klakson bunyi terus,” jelas Sumbo.

 

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar