Tips dan Trik Membeli Rumah di Jakarta

Oleh Maya Eka,

Buat Anda yang mau membeli rumah di Jakarta, harus memperhatikan hal-hal berikut ini.

BERITA JOGJA – Jakarta adalah salah satu kota paling terkenal di Indonesia. Kota ini merupakan pusat pariwisata, pemerintahan, dan berbagai kegiatan bisnis. Meskipun Jakarta memiliki beberapa apartemen disewakan yang paling indah di dunia, harga sewa apartemen mungkin tidak ramah untuk semua orang.

Juga, banyak orang bermimpi memiliki rumah, maka apartemen mungkin tidak selalu menjadi alternatif terbaik untuk orang-orang ini. Untungnya, pemilik rumah dan calon pembeli rumah kerap menemukan pemilik rumah di Rumah yang ingin menjual sebuah rumah di Jakarta. Sejujurnya, jika Anda berpikir untuk membeli sebuah rumah di Jakarta, maka ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan.

Rumah di Jakarta. (Ilustrasi: rumah.com)

Rumah di Jakarta. (Ilustrasi: rumah.com)

Harga perumahan di Jakarta

Harga rumah di Jakarta cukup bervariasi. Bahkan, selama beberapa tahun terakhir, harga properti melonjak di daerah ini. Saat ini, sebagian besar orang tidak mampu membeli rumah karena kenaikan harga.

Harga real estate di Jakarta mengalami kenaikan karena peningkatan populasi di area ini. Meningkatnya populasi di kota menciptakan permintaan yang tinggi untuk rumah, yang pada gilirannya mempercepat harga real estate.Statistik menunjukkan bahwa perumahan real estate hanya memenuhi sekitar sepertiga dari kebutuhan keseluruhan. Jika Anda mencoba menabung  untuk sebuah rumah baru , harganya bisa meningkat sebelum Anda memiliki dana yang mencukupi.

Sebelum membuat kesepakatan dengan broker real estate manapun, akan sangat membantu jika Anda mempertimbangkan faktor-faktor dibawah ini untuk memilih rumah yang cocok:

1.Banjir

Meskipun tujuan wisata, salah satu masalah utama di Jakarta adalah banjir. Sebelum Anda membeli rumah, periksalah lokasinya. Penting untuk melakukan survei sebelum Anda terlibat dalam setiap penawaran. Pastikan untuk memeriksa jalan yang mengarah ke lokasi rumah; rumah belum tentu banjir, tapi akses jalan yang mengarah ke rumah bisa jadi tergenang banjir hampir sepanjang waktu. Jika Anda ingin memiliki rumah yang menguntungkan maka Anda harus berpikir tentang lokasi properti dan mencari tahu apakah daerah tersebut banjir saat hujan lebat.

2.Kondisi rumah

Titik penting lain untuk diamati adalah kondisi rumah yang ingin Anda beli. Pastikan untuk memeriksa baik interior dan eksterior rumah. Jika Anda gagal memeriksa kerusakan rumah, Anda akan berakhir memperbaikinya dengan anggaran Anda. Tanyakan makelar apakah mereka pernah melakukan renovasi apapun di rumah tersebut sebelumnya. Juga, Anda bisa menanyakan kepada mereka berapa umur rumah tersebut. Selanjutnya, cari tahu mengapa rumah itu dijual dan kemana penjual pindah setelah menjual properti. Jika Anda masih tidak yakin tentang rumah tersebut, bicaralah dengan tetangga dan tanyakan sejarah rumah

3.Harga

Tidak bijaksana untuk terlibat dalam pembelian rumah tanpa belajar tentang harga pasar. Cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan nilai terbaik untuk uang Anda adalah dengan melakukan survei pada harga perumahan. Untuk mendapatkan harga yang tepat, berpikirlah tentang mempelajari harga pasar di lokasi rumah. Anda dapat menanyakan informasi tersebut dari pembeli sebelumnya yang baru saja pindah ke kawasan tersebut baru-baru ini. Anda akan mengetahui kisaran harga rumah dengan melakukan hal ini. Anda dapat mempelajari harga rumah sebelum Anda bertemu dengan calon penjual.

Kepindahan ekspatriat ke Jakarta mungkin akan menghadapi hambatan

Jika Anda adalah orang asing yang berharap untuk dipindahkan ke Jakarta, maka memiliki rumah bisa menimbulkan masalah. Indonesia memiliki kebijakan yang ketat untuk orang asing yang ingin memiliki properti. Hal ini tidak hanya hanya di Jakarta; keadaan serupa  terjadi di berbagai tempat seperti Bali pun juga demikian.

Secara teknis, kebanyakan orang asing hanya menyewa atau leasing properti saat berada di negeri ini; mereka tidak pernah memiliki properti. Namun demikian, meskipun sulit, Anda dapat membeli properti di Jakarta jika Anda mendirikan perusahaan atau menikah dengan penduduk asli dari daerah tersebut.

Kesimpulan

Jika Anda tidak ingin mengambil bagian dalam proses mencari rumah di Jakarta, Anda bisa memilih untuk memanfaatkan broker. Perlu diingat bahwa bekerja dengan agen real estate dapat menambah biaya rumah. Tentu saja, jika tujuan Anda adalah untuk membeli rumah dengan biaya yang lebih rendah, Anda mungkin ingin langsung pergi ke pemilik. Meski begitu, Anda  bisa selalu memakai broker, asalkan Anda membuat mereka mengerti akan anggaran dan kebutuhan Anda.

Agen real estate yang menjual rumah di Jakarta dapat ditemukan di berbagai platform, termasuk daftar online. Juga, bicaralah dengan teman-teman dan anggota keluarga karena mereka dapat merekomendasikan kepada Anda seorang broker real estate handal. Bagaimanapun juga, membeli rumah di Jakarta sama sekali tidak sulit jika Anda tahu apa yang Anda inginkan dan mendekati proses dengan kebijaksanaan.

Baca Juga:

Ecocapsule, Rumah Mini Berdesain Mewah dan Istimewa

Yuniati Rela Rumah Hancur untuk Biaya Anak Sekolah

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar