telur rebus setengah matang sempurna

Tips Memasak Telur Rebus Setengah Matang Sempurna

Oleh Nur Janti,

BERITA JOGJA – Merebus telur setengah matang nampaknya memang mudah namun untuk mendapatkan hasil setangah matang sempurna, dengan putih yang matang dan kuning yang masih light, tentu sulit. Untuk itu Beritajogja.id memberikan tips untuk Anda pecinta telur setengah matang. Rebus air hingga mendidih. Air yang direbus sebaiknya cukup untuk merendam seluruh telur agar matangnya rata. […]

BERITA JOGJA – Merebus telur setengah matang nampaknya memang mudah namun untuk mendapatkan hasil setangah matang sempurna, dengan putih yang matang dan kuning yang masih light, tentu sulit. Untuk itu Beritajogja.id memberikan tips untuk Anda pecinta telur setengah matang.

telur rebus setengah matang sempurna

Istimewa

  1. Rebus air hingga mendidih. Air yang direbus sebaiknya cukup untuk merendam seluruh telur agar matangnya rata.
  2. Kalau telur disimpan di kulkas, lebih baik keluarkan dulu dan biarkan hingga mencapai suhu ruangan. Memasukkan telur dingin ke dalam air mendidih akan membuat cangkangnya pecah atau retak.
  3. Masukkan telur ke dalam air mendidih dan rebus selama 5 menit, tet! Dengan api sedang jika Anda menginginkan hasil telur yang benar-benar setengah matang. Anda bisa memasang alarm untuk membantu Anda memastikan waktu rebus.
  4. Setelah pas lima menit, angkat panci dan taruh di bawah kran lalu guyur dengan air dingin. Rasakan air yang ada di dalam panci. Biarkan beberapa saat agar suhu telur turun. Hal ini dilakukan agar telur tidak bertambah matang karna panas dari suhu internalnya.
  5. Kupas telur, kasih garam , dan lihat Anda mendapatkan telur setengah matang yang sempurna.

Tips ini hanya berlaku untuk telur ayam negeri yang ukurannya normal. Tips ini tidak akan berlaku untuk telur ayam kampung, telur angsa, telur puyuh, apalagi telur ular.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar