Tips Memelihara Anjing ala Jogja Rottweiler Community

Oleh Maya Eka,

Memelihara anjing itu bukan hanya soal ngasih makan, tapi juga melatihnya biar enggak liar

BERITA JOGJA – Rottweiler, anjing besar berasal dari Jerman merupakan salah satu anjing yang banyak dipelihara di Indonesia. Postur tubuhnya yang besar dan kekar, menjadi daya tarik tersendiri.

Anjing Rottweiler (Dokumen Istimewa)

Anjing Rottweiler (Dokumen Istimewa)

Banyak pula yang bilang bahwa Rottweiler merupakan salah satu anjing paling setia, atau yang sering disebut dengan one man dog. Menyenangkan memang memelihara binatang yang bisa setia terhadap tuannya, terlebih lagi bisa diajak jalan-jalan.

Namun dibalik kesenangan tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama bila berniat untuk memelihara Rottweiler. Seperti halnya yang disampaikan oleh Ambrianto Tedjo, ketua Jogja Rottweiler Comunity (JRC), bahwa memlihara Rottweiler itu bukan sekedar hobi saja, tapi juga soal disiplin dan tanggung jawab.

“Kalau mau pelihara Rottweiler harus siap disiplin, karena jika tidak dilatih sejak kecil, bisa jadi liar” papar Tedjo.

Pasalnya meski termasuk anjing yang setia, Rottweiler bisa sangat berbahaya jika tidak dilatih dengan baik. Postur tubuhnya yang besar dan kekuatan gigitannya bisa mencapai 335psi, hampir setara dengan hiu putih yang mencapai 400psi.

“Kalau mau pelihara Rottweiler harus dibuat disiplin sejak kecil, karena jika mengigit orang bisa bahaya,” imbuh Tedjo.

Tedjo juga mengatakan, kalau ada anjing peliharaan yang mengigit orang, itu bukan salah anjingnya. Tapi salah tuannya yang tidak bisa melatihnya. “Memelihara anjing itu bukan hanya soal ngasih makan, tapi juga melatihnya biar tidak liar,” pungkas Tedjo.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar