TNGM Wacananya SIM Khusus Bagi Pendaki Merapi

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Peristiwa yang menimpa Erri Yunanto menjadi pelajaran berharga bagi pihak pengelola Tanam Nasional Gunung Merapi. Mereka pun berencana menerbitkan semacam SIM bagi pendaki yang ingin mendaki Gunung Merapi. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Tata Usaha TNGM, Tri Atmojo saat dihubungi beritajogja.id, Kamis (28/5). Menurutnya SIM tersebut untuk mastikan pendaki memiliki skil yang […]

BERITA JOGJA – Peristiwa yang menimpa Erri Yunanto menjadi pelajaran berharga bagi pihak pengelola Tanam Nasional Gunung Merapi. Mereka pun berencana menerbitkan semacam SIM bagi pendaki yang ingin mendaki Gunung Merapi.

Gunung Merapi Beritajogja

Dokumen istimewa

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Tata Usaha TNGM, Tri Atmojo saat dihubungi beritajogja.id, Kamis (28/5). Menurutnya SIM tersebut untuk mastikan pendaki memiliki skil yang mumpuni dalam pendakian Gunung.

“Kita wacanakan ada semacam SIM, surat izin, kalau tidak punya itu tidak bisa mendaki Gunung Merapi,” katanya.

Selain itu pihaknya juga akan membatasi pendakian Merapi hanya sampai pasar Bubrah. Bagi pendaki yang nekat sampai ke puncak Merapi akan diberikan sanksi.

“Sanksinya nanti kita blacklist, tidak akan mendapat izin untuk mendaki Gunung disemua jaringan Taman Nasional di Indonesia,” tambahnya.

Dia menjelaskan wancana tersebut saat ini masih dalam proses pembahasan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat keputusan final.

“Saat ini masih dalam pembahasan, kita lihat nanti perkembangannya bagaimana,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar