Tolak Pembayun Pimpin Kraton, Ulama: Ini Nggak Gender Kok

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Banyak tokoh masyarakat yang berdatangan ke Ndalem Yudonegaran, Kamis (7/5) untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan pasca keluarnya Sabda Raja akhir bulan lalu. Adapun keluhan yang banyak disampaikan adalah tentang pengangkatan Pembayun sebagai GKR Mangkubumi sekaligus memimpin Kraton. Salah satunya adalah Kiai Muhaimin, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Jogjakarta. Ia tegas menolak diangkatnya […]

BERITA JOGJA – Banyak tokoh masyarakat yang berdatangan ke Ndalem Yudonegaran, Kamis (7/5) untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan pasca keluarnya Sabda Raja akhir bulan lalu. Adapun keluhan yang banyak disampaikan adalah tentang pengangkatan Pembayun sebagai GKR Mangkubumi sekaligus memimpin Kraton.

Kisruh Sabda Raja

Kiai Muhaimin ketika diwawancara wartawan di kediaman GPBH Yudoningrat, Kamis (7/5) pagi. (Foto: Aristides)

Salah satunya adalah Kiai Muhaimin, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Jogjakarta. Ia tegas menolak diangkatnya Pembayun memimpin Kraton. Namun ia membantah jika alasan penolakkanya dikaitkan dengan gender.

“Saya ini juga aktivisi gender dan punya sertifikat. Ini bukan persoalan perempuan tidak boleh memimpin, tapi lebih jauh dari itu. Sejarah sudah mencatat ada Ratu Bulqis. Tapi apakah kapasitas dan integritas keduanya sama?,” tanyanya.

Ditanya apakah pernyataannya ini menegaskan bahwa Pembayun tidak pantas menjadi suksesor, ia tak mau menjawabnya. “Bukan saya lho yang nanya ya,” katanya.

 

 

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar