Gulai Kambing

Tradisi Takjil Gulai Kambing di Masjid Gede Kraton Jogja

BERITA JOGJA – Setiap bulan puasa, semua masjid selalu menyediakan takjil bagi para jamaahnya untuk berbuka puasa. Begitu juga dengan Masjid Gedhe Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dikenal juga dengan nama Masjid Gedhe Kauman. Namun ada yang khas dari tradisi takjilan di Masjid Gedhe Kraton Ngayogyakarta ini, yaitu takjil berupa gulai kambing yang dibagikan kepada para […]

BERITA JOGJA – Setiap bulan puasa, semua masjid selalu menyediakan takjil bagi para jamaahnya untuk berbuka puasa. Begitu juga dengan Masjid Gedhe Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat yang dikenal juga dengan nama Masjid Gedhe Kauman. Namun ada yang khas dari tradisi takjilan di Masjid Gedhe Kraton Ngayogyakarta ini, yaitu takjil berupa gulai kambing yang dibagikan kepada para jamaah setiap hari Kamis sore.

Masjid Gedhe

Istimewa

Tradisi membagikan takjil berupa gulai kambing ini sudah dilakukan sejak masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII (1921-1939) dan semasa kehidupan pahlawan nasional KH Ahmad Dahlan (1868-1923). Saat itu, Sultan HB VIII yang merupakan raja Kraton Jogjakarta memulai tradisi memberikan sedekah kepada kaum duafa berupa makanan gulai kambing setiap bulan Ramadhan.

Bagi masyarakat Jogjakarta di masa itu, makanan gulai kambing merupakan sebuah makanan yang mewah. Sangat jarang masyarakat bisa menikmati masakan berupa gulai kambing. Pemberian gulai kambing dari Sultan ini sangatlah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jogjakarta ketika itu.

Namun, seiring perkembangan zaman, pembagian takjil berupa gulai kambing di Kamis sore tersebut kini tak lagi diberikan oleh pihak Kraton kepada para jamaah di Masjid. Saat ini, pembagian takjil gulai kambing sepenuhnya disokong oleh para donatur masjid yang yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I pada 29 Mei 1773 ini.

Perubahan juga terjadi dalam proses penyajian takjil gulai kambing ini. Dahulu, hidangan takjil disiapkan oleh warga dan jamaah setempat dengan memasak sendiri di lingkungan masjid. Namun saat ini proses memasak dan menyajikan gulai kambing ini sudah diserahkan ke pihak katering.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar