Ki Mangir dan Pembayun

Tragis Mana Kisah Cintamu dengan Pembayun dan Mangir?

Kisah tragis Ki Ageng Mangir dan Pembayun adalah tragedi cinta paling memilukan sepanjang sejarah Kerajaan Mataram.

BERITA JOGJA – Cerita bermula ketika Panembahan Senopati ingin menyatukan semua wilayah Kerajaan Mataram. Namun Panembahan Senopati menemui beberapa kesulitan. Salah satunya menaklukkan wilayah Mangir yang berada di daerah Bantul yang dipimpin Ki Ageng Mangir Wanabaya.

Ki Mangir dan Pembayun

Istimewa

Sebagai seorang yang sakti, Mangir memiliki sebuah tombak pusaka bernama Kyai Baru Klinthing. Keampuhan tombak tersebut membuat Panembahan Senopati kesulitan untuk mengalahkan Mangir. Atas saran dari penasihatnya, Ki Juru Mertani, Panembahan Senopati pun kemudian menyusun sebuah strategi untuk mengalahkan dan menaklukkan Mangir.

Siasat disusun. Kegemaran Mangir menonton ledhek atau ronggeng dimanfaatkan. Panembahan Senopati mengutus seorang putrinya yang bernama Pembayun untuk menjadi penari dalam rombongan ronggeng. Tujuan dikirimnya Pembayun adalah untuk memikat Mangir. Jika Mangir terpikat dan ingin menikahi Pembayun maka secara tidak langsung Mangir akan menjadi menantu Panembahan Senopati dan secara tak langsung harus tunduk dan hormat kepada Panembahan Senopati sebagai mertuanya.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar