Trekker Google Jelajahi Candi Borobudur

Oleh Jatu Raya,

Candi Borobudur kini sudah bisa diakses melalui Google Street Views setelah Trekker mereka menghabisi keindahan warisan dunia itu seharian penuh.

BERITA JOGJA – Candi Borobudur kini sudah bisa diakses melalui Google Street Views setelah Trekker mereka menghabisi keindahan warisan dunia itu selama seharian penuh, Minggu (27/9) pagi hingga sore.

Perekaman gambar dilakukan dengan alat bernama Trekker yang diperkuat 15 kamera depan, samping, belakang, samping, kanan, dan kiri membuat pengakses bisa melihat candi yang terletak di Magelang itu dari segala arah. Mr.Trekker, si pengambil alat berkeliling ke setiap cudut candi menenteng alat seberat 18 Kg tersebut.

Candi Borobudur

Mr.Trekker (tengah) bersama pihak Google Indonesia. (Foto: Aristides)

“Hari ini sudah mulai bisa diakses melalui Google Street Views. Pengguna akan merasakan bagaimana seolah-olah tengah berada di Candi Borobudur dengan kejernihan gambar yang luar biasa,” ujar Mr.Trekker ditemui usai perekaman.

Mulai merambahnya aplikasi ini ke tempat wisata seperti Candi Borobudur mendapat apresiasi dari Purwanto selaku perwakilan PT pengelola candi. Ia menjelaskan bahwa dengan masuknya Candi Borobudur di Google, pihaknya sendiri optimis bisa memenuhi target pengunjung candi dua tahun mendatang.

“Untuk 2017 kami ditarget dua juta wisatawan asing yang datang ke Candi Borobudur dan sekitarnya. Sementara untuk saat ini setiap tahun baru ada sekitar 260 ribu wisatawan. Tentu sulit mewujudkannya kalau tidak dibantu dengan Google melalui aplikasi ini,” terangnya.

Selain meluncurkan Borobudur Street Views, Google juga meluncurkan aplikasi Google Cultural Institue. Setelah pengakses berjalan dan meihat-lihat situs dengan Street Views, mereka akan diajak dan mengeksplorasi budaya hingga sejarah candi melalui aplikasi Cultural Institue.

“Ratusan data sudah dimuat dalam Google Cultural Institue. Saat ini ada sekitar 200 artefak kebudayaan dari koleksi Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko yang bisa diakses di internet,” tambah Shinto.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar