Tanaman liar ini obat Flu dan diabetes

Tumbuhan Liar Obat Flu Hingga Diabetes

BERITA JOGJA – Meski banyak yang menganggap tumbuhan liar, buah mungil yang satu ini ternyata mengandung khasiat yang luar biasa. Adalah Physallis Peruviana atau yang dalam Bahasa Jawa disebut ciplukan terbukti dapat mengobati gangguan kesehatan ringan hingga penyakit bawaan atau genetik. Buah yang dihasilkan dari tanaman sejenis perdu ini sepintas memang tidak tampak istimewa. Tumbuh […]

BERITA JOGJA – Meski banyak yang menganggap tumbuhan liar, buah mungil yang satu ini ternyata mengandung khasiat yang luar biasa. Adalah Physallis Peruviana atau yang dalam Bahasa Jawa disebut ciplukan terbukti dapat mengobati gangguan kesehatan ringan hingga penyakit bawaan atau genetik.

Tanaman liar ini obat Flu dan diabetes

istimewa

Buah yang dihasilkan dari tanaman sejenis perdu ini sepintas memang tidak tampak istimewa. Tumbuh di antara rumput-rumput area pesawahan, kebun, halaman rumah, emperan jalan, bahkan sungai cimplukan biasanya hanya dijadikan mainan oleh anak-anak.

Digolongkan ke dalam tanaman obat, ciplukan terbukti mampu mengobati batuk, bisul pada kulit, kencing nanah, keseleo, hingga penyakit kuning dan diabetes. Khasiat ini didapatkan dari kandungan senyawa kimia yang terdapat pada akar, daun, dan buah cimplukan yang berupa sitrun dan fisain.

Walaupun sangat mudah dijumpai, beberapa pasar di Jogjakarta dan kota-kota lain di Jawa Tengah kini juga telah menjual ciplukan. Tentu harganya pun sangat terjangkau.

Bagaimana dengan cara mengonsumsinya? Cukup dengan dimakan langung buahnya atau meminum air rebusan daunnya

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar