UN Berbasis Komputer Khusus Untuk Siswa Jujur

Oleh azkamaula,

BERITA JOGJA – Ujian Nasional Online yang sedang marak diperbincangkan mendapat tanggapan dari Mendikbud Anies Baswedan usai meresmikan SMK Negeri 2 Gedangsari, Gunungkidul (5/3). Anies meluruskan bahwa ini bukan merupakan Ujian Nasional Online, melainkan Ujian Nasional Berbasis Komputer. “Bukan Ujian Nasional online, tetapi ujian dikerjakan menggunakan komputer,” bantah Anies. Ujian Nasional berbasis komputer ini menurut […]

BERITA JOGJA – Ujian Nasional Online yang sedang marak diperbincangkan mendapat tanggapan dari Mendikbud Anies Baswedan usai meresmikan SMK Negeri 2 Gedangsari, Gunungkidul (5/3). Anies meluruskan bahwa ini bukan merupakan Ujian Nasional Online, melainkan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

“Bukan Ujian Nasional online, tetapi ujian dikerjakan menggunakan komputer,” bantah Anies.Anies Baswedan - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Ujian Nasional berbasis komputer ini menurut Anies juga memeliki banyak kelebihan dengan Ujian Nasional sebelumnya yang masih menggunakan kertas. Dengan berbasis komputer 7,3 juta peserta didik dapat dilakukan dalam waktu yang berbeda.

Saat disinggung mengenai konsep penilaian Ujian Nasional berbasis komputer ini, Anies mengatakan lebih mengedepankan nilai-nilai kejujuran, karakter, dan perilaku peserta didik.

“Untuk menentukan kelulusan tidak hanya 6 mata pelajaran saja yang digunakan, tetapi seluruh mata pelajaran termasuk pendidikan karakter dan perilaku, kita percayakan mereka (peserta didik) untuk jujur,” ungkap Anies.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar