UN Online SMK di Jogja Mirip Tes CAT CPNS

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – 20 SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di Kota Jogja bakal ikut Ujian Nasional secara Online pada tahun ini. Diperkirakan nantinya ada sekitar 3500 siswa-siswi secara serentak mengerjakan UN lewat online. Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edy Heri Suasana mengatakan 20 SMK tersebut diusulkan Dinas Pendidikan. SMK yang ditunjuk terdiri dari SMK Negeri dan […]

BERITA JOGJA – 20 SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di Kota Jogja bakal ikut Ujian Nasional secara Online pada tahun ini. Diperkirakan nantinya ada sekitar 3500 siswa-siswi secara serentak mengerjakan UN lewat online.

UAN Online di SMK Jogja mirip dengan CAT CPNS

Istimewa

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Edy Heri Suasana mengatakan 20 SMK tersebut diusulkan Dinas Pendidikan. SMK yang ditunjuk terdiri dari SMK Negeri dan Swasta yang sudah memenuhi syarat penilaian yang ditetapkan Pusat Penilaian Pendidikan.

“Kita sekarang menunggu verifikasi dari pusat, minggu depan rencananya akan ada pemantauan langsung,” katanya pada wartawan, Selasa (10/2).

Salah satu syarat mutlak untuk bisa menyelenggaran UN Online yaitu ketersediaan komputer untuk siswa-siswi dan juga jaringan internet yang stabil. “Minimal sepertiga dari peserta UN online untuk komputernya, ditambah 10 persen untuk cadangan,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan UN Online nanti diperkirakan tidak akan jauh berbeda dengan pelaksanaan CPNS dengan menggunakan sistem CAT. Setiap siswa nantinya akan menggunakan komputer yang terhubung dengan internet dan langsung mengisi jawaban secara Online. “Siswa pun nanti bisa lihat hasil ujian nasional langsung mirip tes CPNS,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar

  • Tau Fa Da

    maju terus pendidikan di Jogja… semoga bukan wacana dan sekedar proyek sementara…