UN SMP, Pelajar Mbeling Susah Lulus

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Senin (4/5) Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) digelar. Begitu pula di Jogja. Kendati nilai akhir tidak dijadikan syarat kelulusan, pihak Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) mengingatkan para pelajar agar tidak menganggap remeh UN. “Sebab ini adalah indikator kegiatan belajar siswa selama ini. UN bisa digunakan untuk mengukur sejauh […]

BERITA JOGJA – Senin (4/5) Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) digelar. Begitu pula di Jogja. Kendati nilai akhir tidak dijadikan syarat kelulusan, pihak Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) mengingatkan para pelajar agar tidak menganggap remeh UN.

UN SMP

Istimewa

“Sebab ini adalah indikator kegiatan belajar siswa selama ini. UN bisa digunakan untuk mengukur sejauh mana pemahaman pelajar atas materi yang diberikan,” harap Arif Haryono, Kepala Disdikpora Sleman baru-baru ini.

Ada syarat lain selain mengikuti UN sebagai pertimbangan kelulusan siswa: Moral. Dipastikan pelajar yang mbeling atau berprilaku buruk akan susah lulus.

“Perilaku siswa jadi pertimbangan untuk kelulusan. Pihak sekolah yang akan menentukkan hal ini,” tegas Kepala Bidang (Kabid) Kurikulum dan Kesiswaan Sleman, Ery Wirdayana, Minggu (3/5) via telepon.

UN sendiri akan berlangsung hingga Kamis (7/5) dan akan diikuti sekitar 51.101 pelajar SMP se-Jogjakarta. Hamid Muhammad, Dirjen Pendidikan Dasar Kemendikbud berharap pelaksanaan UN di daerah bisa berjalan lancar. “Semoga lancar dan tidak terjadi kebocoran soal,” harapnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar