Untuk Kepentingan Nasional, Amien Rais Restui PAN Bergabung Dengan Jokowi

BERITA JOGJA – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais mendukung sepenuhnya langkah PAN untuk bergabung dengan pemerintah Jokowi-JK. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Amien Rais saat menggelar konferensi pers di kediamannya, Kamis (3/9) pagi. “Pertemuan Ketua PAN dan Jokowi harus diletakkan dalam perspektif koalisi nasional untuk mengatasi Indonesia dari perpecahan dan mengatasi […]

Amien Rais saat melakukan Konferensi Pers di kediamannya, Kamis (3/9)

Amien Rais saat melakukan Konferensi Pers di kediamannya, Kamis (3/9). (Foto oleh Cahyo P.E.)

BERITA JOGJA – Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais mendukung sepenuhnya langkah PAN untuk bergabung dengan pemerintah Jokowi-JK. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Amien Rais saat menggelar konferensi pers di kediamannya, Kamis (3/9) pagi.

“Pertemuan Ketua PAN dan Jokowi harus diletakkan dalam perspektif koalisi nasional untuk mengatasi Indonesia dari perpecahan dan mengatasi krisis. Sebelum ada pertemuan Pak Zul dengan Jokowi, saya sudah diberitahu. Sudah saya ingatkan jika bergabungnya PAN merupakan langkah jangka pendek namun merupakan awal mula dari koalisi nasional,” ucap Amien Rais.

Amien Rais menjelaskan bahwa koalisi nasional ini diperlukan untuk membantu Indonesia keluar dari krisis. Saat krisis seperti saat ini, menurut Amien diperlukan sebuah kekuatan bersama dari segenap bangsa Indonesia.

Amien mencontohkan negara Uni Soviet dan Yugoslavia yang tercerai berai dan berakhir dengan bubarnya negara tersebut. Menurut Amien kondisi Indonesia saat ini mirip dengan Uni Soviet dan Yugoslavia yang bubar dan jika tidak segera diatasi Indonesia dimungkinkan mengalami nasib yang sama dengan kedua negara tersebut.

Meskipun merestui bergabungnya PAN ke pemerintahan, Amien mewanti-wanti PAN agar tidak terjebak kepada kepentingan sesaat saja. Jika hanya untuk kepentingan politik sesaat, maka bergabungnya PAN dengan pemerintahan Jokowi-JK akan menjadi rangkulan maut bagi PAN dan hanya akan menjadi manuver politik yang tidak bermakna.

“Bergabungnya PAN merupakan langkah awal yang akan bermuara pada koalisi nasional yang benar-benar bekerja untuk kepentingan bangsa dan bukan hanya manuver politik saja. Kita tahu, reshuffle kabinet jilid satu tidak berdampak apa-apa. PAN jangan tergoda pada reshuffle kabinet jilid dua yang menempatkan kader PAN di kursi kabinet,” pesan Amien Rais

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar