Walhi Jogja: Jangan Sepelekan Sampah Visual

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Sampah fisik seperti plastik, kertas, dan limbah rumah tangga memang jadi permasalahan yang tak berkesudahan. Namun, ada baiknya baik pemerintah dan warga tidak hanya berfokus pada sampah fisik saja. Heri Widodo, Koordinator Walhi Jogja mengingatkan Pemerintah dan warga bahwa permasalahan sampah di ruang kota  juga melibatkan sampah visual. “Reklame liar atau yang […]

BERITA JOGJA – Sampah fisik seperti plastik, kertas, dan limbah rumah tangga memang jadi permasalahan yang tak berkesudahan. Namun, ada baiknya baik pemerintah dan warga tidak hanya berfokus pada sampah fisik saja. Heri Widodo, Koordinator Walhi Jogja mengingatkan Pemerintah dan warga bahwa permasalahan sampah di ruang kota  juga melibatkan sampah visual.

Walhi Jogja meminta pemerintah tidak anggap enteng sampah visual

Banyak sampah visual yang dibiarkan oleh pemerintah. (Foto: Cahyo)

“Reklame liar atau yang sudah habis masa pemasangannya itu mau diapain sama pemerintah daerah? Jangan hanya dibiarkan saja dan tidak menganggap itu sebagai sampah lho,” jelasnya, Jumat (13/2) siang di Sekretariat Walhi Jogja di Kota Gede.

Selama beberapa waktu ke belakang, pihaknya bersama Walhi sudah mewanti-wanti pemerintah agar memerhatikan sampah fisik maupun visual. Sebab sampah visual dan fisik ini juga merupakan bagian dari pembangunan atau pengelolaan tata ruang berbasis lingkungan yang tengah dikawal oleh Walhi Jogja.

Di tempat yang sama, Dadang Sudardja, Ketua Dewan Walhi Nasional, menilai Pemkab dan penjabat terkait jangan hanya bisa menyalahkan warga saja menyoal limbah sampah. Beban sampah produk yang dikonsumsi warga menurutnya jangan dipasrahkan di tingkat bawah namun diatur dalam regulasi untuk tataran elite.

“Pemerintah Daerah (Pemda), Pemkab, atau Pemkot harus mendorong pusat membuat regulasi yang juga memberi beban produksi untuk mengatasi sampahnya sendiri. Misalnya dengan memanfaatkan teknologi, buatlah regulasi soal itu. Bungkus makanan gimana caranya bisa didaur ulang dengan mudah. Jangan cuma bisa menyalahkan warga,” tegasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar