Wardi, Tunanetra Pertama di Indonesia yang Jualan Pulsa

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Keterbatasan penglihatan yang dimiliki Wardi (35) warga Muntilan tidak membuatnya menyerah untuk berwirausaha. Meski sudah memiliki pekerjaan sebagai tukang pijat, namun dia tidak lanta berhenti untuk mengembangkan diri. Dengan keterbatasannya dia membuka usaha konter pulsa kecil dipinggir jalan Cik Ditiro yang diberi nama Anugrah Cell. Bisa jadi, Wardi adalah penyandang tunanetra pertama […]

BERITA JOGJA – Keterbatasan penglihatan yang dimiliki Wardi (35) warga Muntilan tidak membuatnya menyerah untuk berwirausaha. Meski sudah memiliki pekerjaan sebagai tukang pijat, namun dia tidak lanta berhenti untuk mengembangkan diri.

Wardi sedang mengisi pulsa salah satu pembelinya di pinggir trotoar jalan Cik Ditiro Jogjakarta

Wardi sedang mengisi pulsa salah satu pembelinya di pinggir trotoar jalan Cik Ditiro Jogjakarta

Dengan keterbatasannya dia membuka usaha konter pulsa kecil dipinggir jalan Cik Ditiro yang diberi nama Anugrah Cell. Bisa jadi, Wardi adalah penyandang tunanetra pertama di Indonesia yang membuka bisnis jualan pulsa.

“Saya ini jualan pulsa dari pada nganggur pas nunggu pelanggan pijat. Daripada waktu terbuang, saya mikir bikin bisnis pulsa ini,” katanya.

Cara Wardi mengisi pulsa pun berbeda dengan konter kebanyakan. Di konternya, Wardi meminta pelanggannya menyebutkan nomor HP sementara Wardi menyalinnya dengan huruf brille dengan alat reglet, stilus dan koran bekas.

“Nomor saya tulis dulu dengan reglet, setelah itu baru saya masukkan nomor ke HP untuk diisi pulsanya,” terangnya.

Wardi mengetik nomor HP tujuan pulsa dikirim dengan cara manual seperti orang mengetik HP biasa. Dalam proses ini Wardi harus berhati-hati supaya tidak salah memasukan nomor.

“Setelah itu saya kirim, saya dengarin bunyinya, bunyi pulsa terkirim dengan pulsa tidak terkirim itu beda suaranya,” tandasnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar