Warga Jogja Diminta Cerdas Pilih Online Shop

Oleh Jatu Raya,

Sebagian besar pengguna internet masih malas membaca ketentuan pembelian barang di online shop.

BERITA JOGJA – Maraknya toko online dalam lima tahun terakhir dapat sambutan yang baik dari masyarakat. Baik toko maya yang berada di Jogja atau di wilayah lain, keberadaannya seolah memudahkan masyarakat untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus kehilangan waktu atau tenaga.

Ini dia penyebab borosnya mahasiswa

Istimewa

Kendati demikian, masyarakat tidak boleh lengah ketika membeli barang di toko maya. Masyarakat harus cerdas dalam memilih lalu memilah online shop yang dipercayai. Salah satunya dengan mengindentifikasi legalitas toko yang bersangkutan.

Widyantoro, anggota Dewan Pengurus Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) Yogyakarta berbagi cara pengidentifikasian tersebut.

“Jangan malas membaca ketentuan yang berlaku dari toko maya yang bersangkutan. Apakah nanti dikembalikan kalau tidak cocok atau ditukar. Cari hal-hal yang seperti itu di sana (toko) lalu jangan segan melaporkan jika ada kekecewaan,” katanya.

Persoalan yang dihadapi oleh LKY selama ini memang berkutat di kemalasan konsumen untuk melapor. Dari penelitian yang dilakukan lembaganya, rata-rata alasan konsumen tidak melapor dikarenakan dua sebab tersebut. Padahal, konsumen punya hak untuk dilindungi.

“Jadi mulai sekarang harus memanfaatkan hak tersebut dengan tidak boleh lagi malu atau malas melapor,” tutur pria ramah ini.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar