Warga Jogja Turut Berduka Atas Kepergian Paku Alam IX

Oleh Maya Eka,

Jenazah Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam IX sudah tiba di Pura Pakuaman Sabtu (21/11) sekitar pukul 18.10 WIB. Tak hanya kerabat dalam saja, tapi seluruh warga Jogja turut berduka atas kepergian PA IX.

Pura Pakualaman mulai didatangi para kerabat dalam dan abdi dalem untuk berbela sungkawa atas kepergian PA IX pada Sabtu (21/11). Foto Oleh Kresna

Pura Pakualaman mulai didatangi para kerabat dalam dan abdi dalem untuk berbela sungkawa atas kepergian PA IX pada Sabtu (21/11). Foto Oleh Kresna

BERITA JOGJA – Jenazah Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam IX sudah tiba di Pura Pakuaman Sabtu (21/11) sekitar pukul 18.10 WIB. Jenazah dibawa dengan mobil jenazah RSUP Dr Sardjito dari ruang jenazah ke Pura Pakualaman.

Berdasarkan  pantauan beritajogja.id, di Pura Pakualaman tampak sudah hadir kerabat dalam dan Sejumlah abdi dalem.

Begitu jenazah dibawa ke pendopo utama, terdengar isak tangis dari kerabat. Selain kerabat beberapa warga juga tampak berkerumun ketika jenazah datang. Mereka tampak menyalami menyampaikan bela sungkawa kepada beberapa kerabat.

Ambar, salah seorang warga yang tinggal tak jauh dari Pura Pakualaman mengatakan sebagai warga Jogjakarta dia merasa turun kehilangan dengan meninggalnya Paku Alam IX.

“Beliau salah satu tokoh panutan bagi orang Jogja. Saya merasa kehilangan karena beliau adalah pemimpin kami juga,” katanya pada beritajogja.id, Sabtu (21/11).

Menurutnya dia terakhir kali melihat Paku Alam IX langsung pada saat grebeg gunungan batu akik di XT Square beberapa bulan lalu.

“Terakhir itu saat grebeg gunungan. Sudah beberapa bulan lalu. Saya kaget mendapat kabar ini,” tandasnya.
Sebelumnya Sri Paduka Paku Alam IX, meninggal pada pukul 15.10 Wib hari ini. Paku Alam IX meninggal pada usianya ke 78 (Baca: RS Sardjito Ungkap Sebab Meninggalnya Pakualaman).

“Sakit sepuh, karena memang usianya sudah tua. Beliau dirawat sejak tanggal 16 kemarin di ICU,” terang Humas RSUP Dr Sardjito, Trisno Heru Nugroho.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar