Warga Turgo Gunung Merapi Minta Pemdes Dukung Pembangunan Jalur Evakuasi

Oleh Jatu Raya,

BERITA JOGJA – Warga Dusun Turgo, Purwobinangun, Sleman meminta Pemerintah Desa (Pemdes) agar mendukung pembangunan jalur evakuasi di wilayah mereka. Pasalnya, banyak warga yang trauma atas letusan Gunung Merapi sejak 1994 hingga 2010 lalu. Warga Desa pun memohon pada Lurah setempat agar mau menandatangani surat permohonan pemangkasan dan penataan lahan. Surat yang diajukan ke Pemdes […]

BERITA JOGJA – Warga Dusun Turgo, Purwobinangun, Sleman meminta Pemerintah Desa (Pemdes) agar mendukung pembangunan jalur evakuasi di wilayah mereka. Pasalnya, banyak warga yang trauma atas letusan Gunung Merapi sejak 1994 hingga 2010 lalu. Warga Desa pun memohon pada Lurah setempat agar mau menandatangani surat permohonan pemangkasan dan penataan lahan.

Jalur Evakuasi

Jalur Evakuasi di Dusun Turgo yang masih harus ditata ulang. (Foto: Aristides)

Surat yang diajukan ke Pemdes sendiri ditandangani oleh Kepala Dukuh, empat Ketua RT, dan LPMD Dusun. “Kami sudah ajukan surat tapi Pak Lurah belum mau tandatangan. Tolonglah ditandatangani karena ini demi kepentingan warga. Kami takut kalau sewaktu-waktu Merapi berkegiatan lagi,” terang Purwanto, Ketua RT 02 Dusun Turgo.

Pembangunan sendiri sebenarnya sudah dilakukan oleh BPBD Sleman namun belum sampai selesai. Mengingat kebutuhan yang mendesak, warga melanjutkan pembangunan secara swadaya dengan menjual tanah yang hasilnya digunakan untuk membangun jalur.

Banyak yang jadi korban saat evakuasi. Oleh karena itu warga secara swadaya membuat jalur evakuasi sendiri dengan membelah bukit agar bisa dijadikan jalan pintas ke titik kumpul,” terang Tukimun, LPMD Dusun Turgo, Jumat (5/6) pagi ditemui di jalur evakuasi.

Halaman

1 2

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar