Watimpres: Mina Padi Bisa Percepat Pertumbuhan Ekonomi

Oleh Kresna,

BERITA JOGJA – Ketua dewan pertimbangan Presiden (Watimpres) Sri Adiningsih mengaku terkesan dengan keberhasilan mina padi yang dikembangkan oleh Frans Hero Making. Melihat langsung mina padi dan ugadi (udang galah dan padi), dia merasa optimis dengan perkembangan perekonomian di Indonesia. “Saya terharu sekali, isu ini menjadi besar, gara-gara mina padi di Ngemplak, Sleman muncul di […]

BERITA JOGJA – Ketua dewan pertimbangan Presiden (Watimpres) Sri Adiningsih mengaku terkesan dengan keberhasilan mina padi yang dikembangkan oleh Frans Hero Making. Melihat langsung mina padi dan ugadi (udang galah dan padi), dia merasa optimis dengan perkembangan perekonomian di Indonesia.

Frans Hero Making, penggarap mina padi di Ngemplak, Sleman. (Foto: Kresna)

Frans Hero Making, penggarap mina padi di Ngemplak, Sleman. (Foto: Kresna)

“Saya terharu sekali, isu ini menjadi besar, gara-gara mina padi di Ngemplak, Sleman muncul di Youtube, Facebook, Whatsapp, BBM, gambarnya luar biasa cantik. Kalau ini kita jadikan gerakan bersama, program ini bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan berdikari yang kita cita-citakan bisa tercapai,” katanya saat mendatangi uji coba Ugadi di Dero, Pakem, Sleman, Jumat (13/2).

Sementara itu, Sidarto Danu Subroto mengaku salut dengan kerja Frans. Meski Frans bukan orang Sleman asli, namun dia mau berkarya di Sleman.

“Ini wong Flores, bukan Sleman, ayo jangan kalah orang Slemannya. Saya sudah sampaikan ini ke Presiden, beliau sangat antusias, paparan produk padi bisa naik sampai Rp3 juta untuk luas 1000 meter, sekali panen. Kalau usaha dilakukan secara nasional, saya yakin dua tiga tahun kita swasembada pangan,” tandasnya.

Saat ini Frans dan beberapa teman di kelompok taninya mengembangkan mina padi dengan udang galah. Diperkirakan dengan udang galah keuntungan petani bisa meningkat lagi.

“Ugadi ini pertama kali dicoba, semoga hasilnya nanti bisa lebih banyak,” tandas Frans.

Sebelumnya sistem mina padi yang dikembangkan Frans ini sempat membuat geger pada netizen di dunia maya, sampai-sampai kabar tersebut terdengar ke telinga Presiden Jokowi dan Watimpres.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar