Wednes Mandra Siapkan Album Instrumental Soundtracks For Plerette

Oleh Jatu Raya,

Wednes Mandra, salah satu personel duo neo-Folk asal Jogja, Rabu, bakal merilis album instrumental yang berbeda dengan proyek-proyek musiknya selama ini.

BERITA JOGJA – Wednes Mandra, salah satu personel duo neo-Folk asal Jogja, Rabu, kabarnya bakal merilis album instrumental tahun 2016 ini  bareng Rinaldy Sapitro. Kalau enggak ada halangan, proyek duo-nya bakal rilis di awal tahun 2016. Waktu ngobrol santai sama Beritajogja.ID, Sabtu (2/1) sore di sebuah cafe bilangan Jalan Kaliurang, Wednes yang juga personel A-Tseng Fikrey & The Ladies ini ngasih bocoran terkait album instrumental yang dirilis via Ear Alert Records Netlabel itu.

Cover album yang disiapkan Wednes dan Rinaldy, (Foto: Wednes)

Cover album yang disiapkan Wednes dan Rinaldy, (Foto: Wednes)

“Namanya Soundtracks for Plerette. Plerette ini ya Pleret Bantul, ditulis ‘Plerette’ karena itu ejaan orang Prancis waktu di Jogja. Ada sekitar 10-12 tracks di album ini dan kalau enggak ada halangan sih rilisnya Januari 2016,” bebernya.

Soundtracks for Plerette sebenarnya adalah kumpulan lagu-lagu yang menjadi OST film dokumenter tentang sejarah kerajaan Mataram di Pleret. Film ini sendiri adalah proyeknya bersama rekannya, Rinaldy Saputro tahun 2014 kemarin untuk Dinas Kebudayaan Jogjakarta.  Film itu sendiri bersaing sama dokumenter lain dari berbagai Production House (PH) dan menarik hati Dinas Kebudayaan.

“Awalnya saya diajak Rinaldy Saputro buat ngisi OST dan backsound dalam film itu. Saya mau aja meski belum dengar apa sih tema filmnya. Pas dikasih tahu soal proyek dokumenter yang berkaitan sama sejarah Mataram, baru bisa terpikir ide segar buat mengisi musiknya,” tambahnya.

Tracks dalam Soundtracks for Plerette kabarnya juga berbeda dengan proyek-proyek yang ditanganinya selama ini seperti Bangkai Angsa, Liwoth, A-Tseng Fikry & The Ladies, bahkan Rabu yang akrab dengan blues fidelitas rendah dengan cekaman yang menyenangkan. Soalnya mereka berdua murni memainkan instrumen orchestra.

“Album instrumentalnya ya ada gabungan gending Jawa yang dimainkan Rinaldy dan musik-musik orchestra. Kami bikin yang sesuai kebutuhan dalam film Dokumenter itu,” beber Wednes.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar