Wisatawan Sisakan Masalah Lingkungan di Jogja

Oleh Maya Eka,

BERITA JOGJA – Sejak pekan lalu hingga Selasa (21/7) kemarin, sejumlah tempat wisata di Jogjakarta dipadati wisatawan domestik maupun luar negeri. Salah satunya adalah wisata pantai, baik di Bantul maupun di Gunungkidul. Penuhnya wisatawan ke sejumlah tempat wisata memang berdampak baik secara ekonomi. Namun di sisi lain, banyaknya wisatawan menyisakan permasalahan lingkungan yang cukup klasik: […]

BERITA JOGJA – Sejak pekan lalu hingga Selasa (21/7) kemarin, sejumlah tempat wisata di Jogjakarta dipadati wisatawan domestik maupun luar negeri. Salah satunya adalah wisata pantai, baik di Bantul maupun di Gunungkidul.

Penuhnya wisatawan ke sejumlah tempat wisata memang berdampak baik secara ekonomi. Namun di sisi lain, banyaknya wisatawan menyisakan permasalahan lingkungan yang cukup klasik: sampah.

poto wisata gunungkidul 3

Wisatawan menikmati makan siang an bersantai bersama keluaga di pantai Sadranan.

Di pantai Baron misalnya. Kendati sudah disediakan tempat sampah, banyak wisatawan yang bandel membuang sampah begitu saja di pasir pantai. “Ada minuman kaleng, kemasan, sisa roti juga ada. Akhirnya kami juga yang membuangnya ke tempat yang disediakan. Aneh, kok masih sedikit saja yang peduli,” kata Suriyanto, petugas jaga di Pantai Baron.

Begitu juga di kawasan pantai Bantul. Keluhan bahkan datang dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bantul. Surono, Kepala Unit Pelasa Teknis (UPT) Kebersihan Persampahan di DPU mengatakan bahwa berton-ton sampah dihasilkan wisatawan di sepanjang pantai Bantul.

“Wisatawan di sepanjang pantai di Bantul menghasilkan sampah. Susah kalau sudah begini penuh sampah. Habis lebaran truk pengangkut sampah baru bisa jalan karena tidak lagi macet,” keluhnya.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar