YO! Caps Care: Cleaning, Restore, Reshape Topi Pertama di Jogja yang Oke Banget

Oleh Jatu Raya,

Topi punya treatment yang khusus dan berbeda dari busana lainnya.

BERITA JOGJA – Jogja tak pernah kehabisan anak-anak muda kreatif. Sebut saja Herbudi Tri Prasetyo yang sedang merintis jasa cleaning, restore, reshape, dan recolouring topi bernama Yo! Caps Care. Jasa cuci topi sampai pewarnaan ulang khusus topi ini jadi yang pertama di Jogja. Pras, panggilan akrabnya, mengisahkan awal mula dirinya memulai jasa yang cukup prospek ini.

Herbudi Tri Praseto (Foto: Jatu)

Herbudi Tri Praseto (Foto: Jatu)

Realita kontemporer bicara topi bukan lagi sekadar pelindung kepala dari panas. Topi sudah jadi bagian dari fashion anak-anak muda kekinian. Topi juga bisa membentuk identitas si pemakainya. Masalahnya, banyak pemakai topi yang malas membersihkan topinya lalu dibiarkan sampai jamuran dan rusak. Di sisi lain, jasa treatment di Jogja yang benar-benar mengerti soal topi belum ada. Hal ini lalu membuat Prass yang juga cinta mati dengan topi membuat Yo! Caps Care.

“Itu yang mendasari saya membuat YO! Caps Care sejak Ramadan 2016 lalu. Topi punya treatment yang khusus dan berbeda dari busana lainnya, tidak bisa disamakan begitu saja. Topi sudah jadi kebutuhan banyak orang. Sayangnya mau cuci sendiri banyak yang tidak bisa atau asal dicuci di mesin, yang akhirnya bikin topi rusak atau lepek. Pas kali pertama buka, banyak yang kaget dan kirim topinya ke sini, ” katanya pada Beritajogja.id saat nongkrong di bengkel topinya, Jalan Nakulo No.49 Ketanggungan, Wirobrajan, Jogja.

Prass saat sedang memperbaiki topi (Foto: Herbudi Tri Prasetyo)

Prass saat sedang memperbaiki topi (Foto: Herbudi Tri Prasetyo)

Banyak yang sudah mempercayakan topi koleksi ke YO! Caps Care. Meski baru satu bulanan buka, YO! Caps Care sudah dipercaya oleh pengguna topi dari luar Jogja. Tercatat kini pelanggannya juga banyak yang mengirimkan topinya dari Bali dan Jakarta.

Pras menangani langsung proses pencucian, perbaikan, sampai recolour topi dari konsumen. Ada yang topinya kotor, lepek, sudah tidak kaku lagi, sambungan belakang rusak, atau kusam, ditanganinya dengan serius sampai terlihat baru.

Topi yang kusam dan rusak disulap jadi baru (Foto: Herbudi Tri Prasetyo)

Topi yang kusam dan rusak disulap jadi baru (Foto: Herbudi Tri Prasetyo)

Before (bawah) dan after (atas) di-treatment di YO! Caps Care (Foto: Herbudi Prasetyo)

Before (bawah) dan after (atas) di-treatment di YO! Caps Care (Foto: Herbudi Prasetyo)

Jenis topi yang banyak dikirimkan pengguna jasa ke Prass seperti Fitted, cap, dan jenis yang sering dipakai anak muda yang lainnya. Untuk mencuci satu topi membutuhkan waktu 10-20 menit. Sekali kerja, Prass mencuci sedikitnya lima topi lalu diepriksanya kembali dengan detail. Jika masih kotor sedikit saja, ia akan mengulangi mencuci topi sampai benar-benar bersih.

“Selanjutnya topi dijemur tapi tidak boleh kena sinar matahari langsung. Kalau ada yang kusam akan di-recolour seperti warna aslinya dan akan seperti baru lagi. Ada juga nih yang gabusnya habis lalu diperbaiki biar bisa mengembang lagi. Intinya di YO! Caps Care semua topi akan diperlakukan sebaik mungkin, tapi saya pasti akan komunikasi dulu sama mereka yang naruh topi di sini,” bebernya.

Ruang kerja Prass (Foto: Herbudi Prasetyo)

Ruang kerja Prass (Foto: Herbudi Prasetyo)

Untuk mencuci sampai treatment topi rusak lainnya, hanya perlu merogoh uang sebesar Rp35-50 ribu. Saat ini ada dua drop agen yang kerap menyalurkan topi ke tempat Prass. Untuk area Yogyakarta ada di Trick Shoe and Care di Jalan Sartono Mantrijeron MJ 3/830 Jogja dan area Magelang ada di Gorila Hitam Stuff Skylight Plaza Lantai 2 Jalan Tentara Pelajar Nomor 7. Atau antar sendiri ke workshop Pras sekalian ngobrol lebih enak soal topi ke Jalan Nakulo No 49 Ketanggungan Wirobarajan. Kalau mau nanya lebih jauh soal topi dan treatment di sana, hubungi saja nomor 087839399077 atau BBM ke 585931EE.

Dapatkan Berita Jogja Terbaik Setiap Harinya

Komentar