Mencegah Perilaku Impulsif yang Bikin Hidup Boros

Gaya Hidup90 views

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/close-up-woman-holding-shopping-bags_21528890.htm#from_view=detail_collection)

Saat pergi jalan-jalan ke mal, Anda pasti akan menemukan promo-promo menarik yang ditawarkan di setiap outlet. Kalau tidak menahan diri, Anda akan tergiur untuk membeli barang yang sebetulnya tidak Anda butuhkan. Sampai akhirnya Anda merasa menyesal telah membeli barang tersebut. Keinginan sesaat ini disebabkan oleh perilaku impulsif dalam diri Anda.

Perilaku impulsif memicu seseorang melakukan pembelanjaan secara kurang rasional atau tanpa mempertimbangkan nilai dan kebutuhan. Perilaku impulsif yang dibiarkan akan membuat kantong Anda jebol. Terkadang pengeluaran yang tidak terkontrol terjadi karena Anda tidak mengelola keuangan secara baik. Anda bisa memanfaatkan rekening bank untuk memudahkan pengelolaan keuangan.

Supaya lebih bijak saat shopping, Anda perlu memisahkan uang belanja dengan uang tabungan di rekening bank sendiri. Selain itu, Anda juga perlu tahu cara mencegah perilaku impulsif.

Apa itu Perilaku Impulsif?

Perilaku impulsif adalah sebuah kondisi saat seseorang melakukan tindakan tanpa memikirkan bagaimana konsekuensi atau akibatnya. Sikap Impulsif yang terjadi berulang kali bisa membahayakan diri sendiri maupun  orang lain. Bahkan, perilaku impulsif ini bisa jadi gejala dari gangguan mental, seperti ADHD dan bipolar.

Perilaku impulsif biasanya terjadi pada anak-anak karena mereka belum bisa mengontrol emosi dan berpikir secara lebih kompleks. Namun perilaku ini masih banyak dialami oleh orang dewasa. Setiap orang pernah melakukan tindakan impulsif. Perilaku ini juga terjadi pada berbagai aktivitas dalam kehidupan, seperti percintaan, pekerjaan, dan lainnya.

Salah satu contoh perilaku impulsif yang sering terjadi adalah membeli barang secara cuma-cuma padahal tidak dibutuhkan. Misalnya ketika Anda pergi ke mall atau scroll e-commerce, kemudian tergiur tawaran promo. Belanja secara impulsif membuat Anda kalap mata, sehingga tidak peduli dengan kondisi keuangan. Jadi selalu cek rekening bank Anda sebelum memutuskan checkout suatu produk. 

Tanda-Tanda Perilaku Impulsif

Kebanyakan orang tidak menyadari kalau dirinya bertindak secara impulsif. Berikut beberapa tanda kalau Anda melakukan kegiatan belanja impulsif.

1. Mudah Tergoda Promo dan Potongan Harga

Tanda seseorang mempunyai kebiasaan belanja impulsif adalah mudah tergiur dengan promo dan diskon, namun tidak bisa memanfaatkan momen itu dengan bijak. Belanja barang saat promo memang bisa menghemat keuangan, tapi tetap perhatikan kebutuhannya. Jangan kalap belanja barang-barang yang nggak Anda perlukan.

2. Belanja Tanpa Pikir Panjang

Seringkah Anda membeli barang tanpa mempertimbangkannya matang-matang? Jika iya, berarti Anda berbelanja secara impulsif. Biasanya Anda berbelanja tanpa memikirkan konsekuensi atau akibatnya. 

3. Belanja untuk Kepuasan Sementara

Tanda kebiasaan impulsif berikutnya adalah sering berbelanja untuk kepuasan yang instan. Maksudnya, Anda berbelanja hanya untuk memuaskan diri untuk jangka waktu pendek. Kepuasan tersebut mungkin hanya berlangsung dalam hitungan jam atau hari saja. Tidak lama kemudian, Anda akan merasa bosan dan menyesal telah membeli barang tersebut.

4. Ingin Mengikuti Tren

Seseorang yang gemar berbelanja impulsif biasanya mempunyai kebiasaan membeli barang yang sedang digemari atau lagi hits. Setiap ada barang keluaran terbaru, biasanya orang impulsif akan membelinya karena nggak mau ketinggalan. Akibatnya, seseorang itu akan merelakan sebagian besar tabungannya atau bahkan berhutang untuk membeli barang baru.

Sumber gambar: https://www.freepik.com/free-photo/two-girlfriends-windowshopping-mall-sale_5698912.htm#query=impulsive&from_query=impulsif&position=4&from_view=search&track=sph

Mencegah Perilaku Impulsif

Kalau Anda merasa kerap bertindak atau berbelanja secara impulsif, ada cara untuk mencegahnya. Tentu saja Anda tidak mau keuangan Anda terkuras akibat belanja barang-barang yang tidak dibutuhkan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah perilaku impulsif.

1. Menentukan Prioritas

Cara pertama agar terhindar dari perilaku impulsif adalah menentukan prioritas kebutuhan Anda. Anda bisa menuliskan daftar kebutuhan Anda, bisa itu barang yang perlu dibeli, aktivitas yang harus dilakukan, hingga rencana studi Anda. Jadikan draft prioritas tersebut sebagai acuan untuk mengambil keputusan. Dengan begitu Anda bisa mengurangi perilaku impulsif. 

2. Evaluasi dengan Teratur

Selanjutnya agar keuangan Anda tetap terjaga dengan baik, Anda bisa mengevaluasi pengeluaran Anda secara berkala. Lihat apa saja pembelian yang sudah Anda lakukan. Tuliskan hal-hal yang perlu dikurangi. Anda bisa belajar mengoreksi diri Anda agar menjadi seseorang yang lebih mengalokasikan uang.

3. Komitmen

Untuk mencegah perilaku impulsif, Anda memerlukan komitmen yang kuat untuk berubah. Perubahan memang tidak mudah, tapi bukan berarti mustahil. Anda bisa melakukan perbaikan diri secara perlahan. Mulai dari berpikir matang ketika ingin berbelanja atau menahan diri ketika ada tawaran promo suatu produk. 

4. Menahan Diri dari Promo

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya. Anda bisa mencegah perilaku impulsif dengan menahan diri dari godaan promo. Jadi ketika pergi ke mal atau melihat e-commerce, usahakan untuk tidak mudah tergiur promo. Ingat kembali untuk berpikir matang-matang sebelum melakukan pembelian.

Membuka Rekening Online PermataME

Perilaku impulsif bisa Anda cegah dengan memiliki komitmen yang kuat untuk berubah. Mulailah dengan mengelola keuangan secara tepat dan bijak. Anda bisa memanfaatkan rekening bank untuk membantu pengelolaan keuangan Anda. Salah satu rekening online yang cocok untuk Anda adalah PermataME

PermataME adalah rekening online dari PermataBank yang bisa Anda akses secara mudah melalui smartphone. Anda bisa mendaftar PermataME melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store.

PermataME menawarkan beberapa kelebihan, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai tanpa syarat di ATM dan Indomaret, banyak cashback dan diskon merchant, gratis transfer ke bank lain tanpa syarat.

Bagaimana cara memiliki tabungan ini? Cara membuka tabungan PermataME dan syaratnya cukup mudah, silakan baca lebih lengkap di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame.