Stok barang sudah pasti jadi hal penting dalam berbisnis. Bagaimana kamu bisa menjalankan bisnis kalau kamu kehabisan stok barang jualanmu. Makanya, kamu butuh yang namanya manajemen stok untuk mengatur penyimpanan barang-barang jualanmu. Manajemen stok dalam hal ini bukan sekedar kamu punya tempat penyimpanan dan menyimpan semua barang jualan di dalamnya, tetapi juga termasuk pendataan barang-barang tersebut yang meliputi jumlah barang keluar, sisa stok dan penambahan barang.
Manajemen persediaan ini sangat penting untuk semua jenis bisnis, dari mulai kamu yang toko baju, cafe, restoran, hingga kamu yang punya bisnis online. Dengan manajemen stok yang teratur dan akurat, maka bisnis pun bisa berjalan lancar. Nah, untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar manajemen stok bisnis kamu bisa dilakukan dengan lancar!
Buat Data Pencatatan Stok yang Akurat
Sangat penting untuk mengatur pencatatan stok serapi mungkin karena hal ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik lagi tentang kebutuhan bisnis. Jika pengaturan stok tersusun rapi, kamu bisa dengan mudah memantau stok, menambah persediaan barang, melakukan transfer stok ke cabang lain, melakukan kegiatan stok opname yang rutin, serta dapat mengirim PO ke supplier. Kamu pun bisa dengan mudah mengetahui stok bahan baku yang masuk dan keluar.
Kamu juga bisa mengelola stok barang dengan baik bila menerapkan sistem hybrid warehouse. Sistem ini merupakan sistem gudang online yang biasanya dimiliki oleh pihak ketiga. Gudang online tersebut nantinya bisa digunakan untuk menyimpan stok barang sekaligus menangani pengiriman produk hingga sampai ke tangan pelanggan.
Bila sistem hybrid warehouse diintegrasikan dalam bisnis, maka kamu gak perlu lagi menyediakan gudang sendiri. Meskipun kamu tetap perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan sistem ini, jumlah yang dikeluarkan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan pembuatan gudang sendiri. Selain lebih praktis dan efisien, kamu pun bisa menghemat biaya operasional dengan cermat.
Atur Penyimpanan
Hal ini terbilang sederhana namun tetap penting untuk dilakukan, yaitu mengatur tempat penyimpanan dan barang yang tersedia agar tampak lebih rapi. Dengan pengaturan barang yang rapi, kamu pun akan dengan mudah menemukan setiap barang yang dibutuhkan saat mencarinya. Sediakan rak di tempat penyimpanan barang dan susun barang-barang yang ada di rak tersebut. Jangan lupa untuk memberikan label khusus untuk setiap barang yang dirapikan. Ketika kamu memberikan label, disarankan untuk memberikan warna yang berbeda pada setiap label. Hal ini memudahkan saat mencari barang yang diinginkan tanpa perlu repot-repot membaca deskripsi barang.
Gunakan Sistem Barcode / Kode pada Setiap Barang
Tidak jarang pemilik bisnis online mencampurkan berbagai jenis produk dalam satu gudang yang sama sehingga membuat penataan terkesan tidak rapi. Untuk menghindari chaos yang disebabkan oleh hal ini, sebaiknya berikan kode khusus pada setiap barang, Dengan barcode tersebut, setiap produk akan tersusun berdasarkan jenis barcode-nya. Gudang stok kamu pun tidak akan terlihat berantakan. Selain itu, barcode tersebut dapat memudahkan kamu saat hendak mengambil produk yang diperlukan atau ketika perhitungan di akhir periode bisnis nanti.